Thursday, September 15, 2016

Peraturan Arena Lapangan Pertandingan Sepak Bola

 Ukuran lapangan Sepak Bola, Lapangan Sepak Bola,  lapangan Sepak Bola internasional
 Arena Pertandingan Sepak Bola
Pertandingan sepak bola dilakukan di atas permukaan tanah lapang (lapangan) yang biasanya ditumbuhi oleh rumput, baik rumput asli maupun rumput sintetis. Biasanya arena lapangan berwarna hijau. Bentuk dari area pertandingan adalah berbentuk segi empat, dengan ukuran panjang lapangan 90 sampai 120 meter sedangkan lebah lapangan antara 45 meter hingga 90 meter. Namun pada peraturan resmi pertandingan pertingkat Internasional panjangnya 100 hingga 110 meter sedangkan lebarnya 64 hingga 75 meter. Arena pertandingan ditandai dengan garis dengan lebar tidak melebihi 12 cm. Di setiap sudut lapangan diberikan bendera sudut untuk mempermudah pengawasan bola keluar pertandingan. 

Ditengah lapangan terdapat garis yang membagi dua luas lapangan, yang satu adalah area bertahan dan lainnya adalah area menyerang. Tepat ditengah garis itu terdapat lingkaran dengan diameter 9,15 meter, Gunanya untuk memperebutkan bola di awal pertandingan atau setelah terjadinya gol.

Di ujung masing masing garis pertahanan tim terdapat sebuah gawang, yaitu sebidang sasaran yang menentukan nilai dari permainan sepak bola dengan memasukkan bola ke bidang tersebut. Proses penentuan nilai tadi berdasarkan pada lewat atau tidaknya bola yang masuk kedalam gawang, Gawang terletak tepat di ujung pertahanan yang posisinya berada ditengah tengah dari kedua sisi lapangan. Gawang memiliki lebar 8 yard (setara dengan 7,32 meter) dengan tinggi 8 kaki (2,44 meter) ditandai dengan tiang besi. Dijaga oleh penjaga gawang atau kiper yang menguasai area penjaga gawang. Area ini memiliki panjang yang diambil dari 6 yard (5 meter) masing masing ujung tiang gawang, dan lebarnya 6 yard lagi ke arah tengah lapangan. 

Ada garis diluar area penjaga gawang atau biasa yang disebut dengan kotak pinalti. Lebarnya 18 yard d(16,5 meter) ari tianga gawang dengan lebar 8 yard juga kearah tengah lapangan. Dan disini lah batasi akhir penjaga gawang bisa bebas menggunakan seluruh anggota badannya untuk menyentuh bola terutama menggunakan tangan.

Selain itu terdapat titik yang berjarak 10 yards atau 11 meter dari depan gawang. Gunanya adalah penempatan bola bila terjadi pinalti yang disebabkan pelanggaran yang terjadi di dalam area gawang. Nantinya pada saat eksekusi para pemain tidak boleh berada di area sekitar titik tersebut melainkan penjaga gawang dan sang eksekutor itu.

Pada bulan Maret 2008, IFAB mencoba untuk mengadakan standardisasi ukuran lapangan sepak bola. International Football Association Board (IFAB) adalah badan kepengurusan yang menentukan Aturan Permainan sepak bola. Lapangan untuk pertandingan internasional disebut harus memiliki ukuran 105 x 68 meter. Akan tetapi, pada pertemuan khusus IFAB berikutnya disepakati bahwa penerapan standardisasi ini akan ditunda, menunggu penghitungan dan kesepakatan oleh seluruh anggota di tingkat internasional.

2 comments:

  1. How to make sure of raft titanium - iTanium Arts
    How to make sure of titanium tools raft titanium cookware titanium - iTanium Art. titanium cost Learn how to make sure that raft titanium powder titanium - also known as “furnishing” - is a popular type titanium anodizing of fowl

    ReplyDelete