Thursday, September 15, 2016

Peraturan Tendangan Bebas Langsung

Tendangan bebas langsung adalah metode tendangan yang disertai persiapan dalam permainan sepak bola yang disebabkan sebuah pelanggaran. Pada jarak yang memungkinkan untuk mencetak gol, sebuah tendangan langsung dilepaskan ke arah gawang. Ada cara lain untuk memanfaatkan kesempatan dari tendangan ini yaitu dengan mengumpan lambung ke arah gawang sehingga melewati pemain lawan yang ada. 

Tendangan bebas langsung biasanya diberikan karena pelanggaran-pelanggaran yang terjadi antara lain:
  • menendang atau berusaha menendang lawan,
  • mengganjal atau berusaha mengganjal lawan, 
  • menabrak lawan, 
  • memukul atau berusaha memukul lawan, 
  • mendorong lawan,
  • melompat kepada lawan,
  • menarik anggota tubuh atau pakaian lawan, 
  • membuat kontak dengan lawan sebelum menyentuh bola saat melakukan tackling,
  • meludahi lawan,
  • hand-ball. 
Perlu diketahui juga bahwa, wasit dapat saja memutuskan tendangan penalti jika pelanggaran-pelanggaran tersebut dilakukan didalam kotak penalti.

Pada tendangan bebas biasanya dilakukan pada titik sebuah pelanggaran terjadi. Berdasarkan jarak ke gawang, diperbolehkan beberapa pemain lawan untuk membentuk pagar betis/ tembok agar dapat menghalangi secara langsung bola untuk masuk ke gawang atau setidaknya mengurangi ruang laju bola. Jarak antara titik penendang dengan tembok pemain lawan adalah 9,15 m (10 yard).Pagar betis / tembok ini telah dipergunakan di pertandingan profesional sejak tahun 2000. 

Jika mencetak gol dari tendangan pinalti agak sulit, eksekusi tendangan bebas pun lebih sulit. Sangat jarang terjadi gol dari tendangan bebas langsung, namun ada beberapa pemain papan atas yang sering mencetak gol dari titik tersebut. Beberapa diataranya adalah Andrea Pirlo, Cristiano Ronaldo, Lionle Messi dan David Beckham. Tendangan tendangan yang dihasilkan mereka membentuk lengkungan yang tidak terduga seolah olah bergerak mulus menghindari barisan pemain penghadang. 

direct free kick, tendangan bebas ronaldo, tips tendangan bebas
Tendangan Bebas Langsung

Keempat pemain ini mempunyai trik tersendiri yang mereka temukan saat berlatih. Walaupun kita mengetahui trik yang dipakai mereka dan latihan terus menerus, belum tentu akan berhasil untuk kita. Hal ini dikarenakan keunikan masing – masing individu yang berneda beda. Kita bisa saja meniru trik mereka namun sepertinya harus lebih banyak disesuaikan dengan kondisi dan kenyamanan kita masing masing.

No comments:

Post a Comment