Thursday, September 15, 2016

Peraturan Tendangan Sudut / Tendangan Corner

Tendangan Corner, sepak pojok, cara melakukan Tendangan sudut, corner kick
Tendangan Sudut / Tendangan Corner
Tendangan sudut atau sepak pojok atau bahasa inggrisnya Corner kick adalah metode tendangan pada salah satu sisi pojok lapangan dalam permainan sepak bola. Metode ini berasal dari Aturan Sheffield tahun 1867 dan diterapkan secara resmi oleh federasi The FA pada 17 Februari 1872.

Tendangan sudut ini diberikan kepada tim yang menyerang pada saat bola meninggalkan area permainan setelah terjadi kontak / sentuhan / penguasaan terakhir pada pemain lawan. Tendangan ini diambil dari sudut-sudut lapangan permainan terdekat dimana bola melewati garis gawang. Jika saat menyerang kemudian bola keluar menuju garis dibelakang gawang akibat disentuh lawan (baik pemain ataupun kiper lawan). Biasanya hal ini dilakukan lawan saat kritis atau saat diserang dengan pertahanan yang minim. Bagi mereka ini adalah taktik untuk mengulur waktu agar pasukan bertahan kembali keposisi yang semestinya. 

Walaupun tidak sebaik tendangan penalti atau tendangan bebas langsung, tendangan sudut terkadang bisa menjadi peluang mencetak gol untuk tim penyerang di dekat. Hal ini dikarenakan para pemain penyerang dapat memilih posisi yang baik untuk menerima operan dan menjebol gawang lawan. Seorang asisten wasit akan memberika isyarat bahwa tendangan sudut harus diberikan dengan cara mengangkat bendera, kemudian menggunakannya untuk menunjuk di tempat sudut pada lapangan.

Gol bisa saja dihasilkan secara langsung melalui tendangan sudut jika penendang memiliki perhitungan yang akurat tentang penempatan bola dan juga faktor angin yang sedikt banyak cukup mempengaruhi kekuatan bola ke arah gawang. Jenis gol yang masuk langsung dari tendangan sudut ini dijuluki sebagai gol Olimpiade atau tendangan Olimpiade atau gol olímpico di Amerika Latin. Julukan ini dikenal sejak 2 Oktober 1924 dalam Argentina melawan Uruguay dimana Cesareo Onzari mencetak gol dari tendangan sudut. Saat itu Argentina baru saja memenangkan gelar Olimpiade 1924. Pesepak bola Portugal João Morais mencetak gol dari tendangan pojok langsung bagi Sporting Lisbon pada final European Cup Winners' Cup 1964, yang menjadi penentu gelar juara.

Saat ini ada pemegang Rekor Dunia untuk gol terbanyak melalui tendangan sudut langsung yaitu pemain Turki bernama Sukru Gülesin. Selama kariernya ia menghasilkan 32 gol secara akurat dari tendangan sudut. Dan setelah tahun 1950, Gülesin tercatat di Guinness Book of Records sebagai top-skorer untuk corner kicks dunia

No comments:

Post a Comment